Jumat, 28 Juni 2013

Arti Penting Mainan Bagi Anak-anak

Perkataan 'Masa kecil kurang bahagia!' kerap dilontarkan kepada orang dewasa yang bertingkah atau bermain layaknya anak kecil. Meski diucapkan sebagai ejekan, perkataan itu nyatanya menggambarkan pengaruh kualitas bermain di masa kanak-kanak.

Kebutuhan bermain yang tidak terpenuhi dengan baik dapat berpengaruh buruk terhadap kejiwaan dan fisik seseorang di masa depan. Saat bergerak, produksi neurotransimtter dalam tubuh meningkat. Zat kimia yang mengantarkan sinyal dari neuron ke berbagai sel itu mempengaruhi berbagai perkembangan tubuh, termasuk pertumbuhan tulang, otot, dan saraf motorik.

Meski belum ada penelitian khusus masa kanak-kanak dipercaya sebagai masa emas untuk memaksimalkan gerak. Terlebih, mengingat pertumbuhan tulang yang umumnya berhenti di usia 17 tahun. Kebutuhan bergerak dapat dipenuhi dengan menyenangkan dan mudah lewat bermain dengan mainan anak.
Sebaliknya, jika kebutuhan bergerak tidak terpenuhi, dampak negatifnya bukan hanya pada fisik. Otot-otot yang tidak terlatih dengan baik bisa memengaruhi citra dan kepercayaan diri anak. Kalau anak diejek lamban atau gendut, otomatis anak bisa depresi dan terasing

Di sisi lain, kegiatan gerak atau bermain yang disarankan bagi anak juga bukan sembarangan. Sangat dianjurkan kegiatan bermain di luar ruangan dan yang mendorong interaksi sosial.
 
Dengan begitu, anak bisa saling belajar bekerja sama, membangun keakraban sosial, dan belajar tenggang rasa. Faktr-faktor itulah yang tidak dapat digantikan dengan arena bermain tertutup yang banyak dijumpai di pusat perbelaanjaan. Anak berpotensi kurang sensitif dalam lingkungan sosial.

Kurangnya kesempatan bersosialisasi dengan sesama dapat menjadi bibit tumbuhnya generasi disorder. Fenomena ini terjadi di kalangan anak-anak Amerika Serikat. Di sana teknologi menggantikan kebutuhan untuk berinteraksi dengan masyarakat.

Anak yang selalu bermain dengan perangkat teknologi yang serba instan bisa  mengasingkan diri dari pergaulan dan sibuk dengan gadget itu sendiri. Itu sebabnya, kebutuhan mainan anak (bermain) bukan hanya urusan lingkup keluarga, melainkan juga negara. Pemerintah yang tidak memfasilitasi kebutuhan bergerak bebas generasi belia harus siap dengan konsekuensi generasi mendatang yang asosial.

Terpicu oleh masalah tersebut akhirnya Sewa Mainan Cirebon hadir dengan menyewakan mainan anak import dan menyewakan perlengkapan bayi.  Silakan Anda berkunjung ke tempat kami di Perumahan Griya Cempaka Jl. Sultan Ageng Tirtayasa(samping asrama brimob), Kota Cirebon Phone : 0856-4307-7668.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar